Masalah Transportasi di Indonesia

Kemacetan dan pencemaran dari sistem transportasi darat memang merupakan problema yang sulit dicari solusinya. Hal ini bukan saja menimpa kota Jakarta, namun kota-kota lainnya di Indonesia, bahkan kota-kota di dunia pun juga mengalami kesulitan dalam upaya mengurangi kemacetan dan menekan kadar polusi udara dari kendaraan bermotor. Dalam perencanaan sistem transportasi harus pula diprioritaskan untuk menekan dampak negatifnya bagi lingkungan dengan melihat semua aspek yang ada di dalam sistem transportasi, mulai dari perencanaan sistem transportasi, model transportasi, sarana, pola aliran lalu lintas, jenis mesin kendaraan dan bahan bakar yang digunakan berdasarkan prinsip hemat energi dan berwawasan lingkungan.

Dalam keadaan ini, umumnya upaya penataan sistem transportasi yang diterapkan lebih banyak bertujuan memecahkan masalah yang timbul sekarang dan berjangka pendek, tanpa integrasi yang sesuai dengan perencanaan kotanya. Padahal tanpa perbaikan mendasar pada aspek perencanaan sistem transportasi secara menyeluruh, masalah-masalah yang timbul beserta implikasi dampaknya tak akan dapat terpecahkan dengan tuntas. Akibatnya bisa menimbulkan berbagai permasalahan, diantaranya kemacetan dan tingginya kadar polusi udara akibat berbagai pencemaran dari asap kendaraan bermotor. Sehinnga dengan adanya permasalahn tersebut, pemerintah harus lebih sikap dalam mengatasinya serta harus mempunyai kebijakan atau aturan-aturan mengenai transportasi yang tidak menumbulkan polusi. Masalah yang terjadi tidak hanya masalah polusi udara saja tetapi juga banyak sekali masalah kecelakaan serta kemacetan yang terjadi di Indonesia. Banyak sekali kecelakaan yang terjadi di Indonesia, hal ini disebabkan karena kelalaian para kendaraan bermotor serta kondisi jalan yang rusak. Terutama, kecelakaan yang sering terjadi adalah kecelakaan angkutan umum di darat.

Selain itu, masyarakat juga harus ikut berpartisipasi dalam mengatasi masalah tersebut, tidak hanya pemerintah saja yang harus mengatasinya tetapi juga masyarakatnya. Biarpun pemerintah sudah mengatasinya dengan memberikan kebijakan-kebijakan yang ada, tanpa adanya  partisipasi dari masyarakat maka dalam mengatasi masalah tersebut tidak berjalan dengan baik. Untuk itu masalah transportasi umum yang terjadi di Indonesia, memjadi tanggumg jawab kita semua selaku masyarakat Indonesia.

4 Comments

  1. pritaeswari said,

    January 16, 2010 at 8:15 am

    Yups,,bumi makin panas dan tidak bersahabat pada kita,,kita sebaiknya introspeksi diri,,ayo kita berbuat yang terbaik demi kelangsungan hidup di dunia ini.

  2. enggar02 said,

    January 16, 2010 at 8:52 am

    trus bagaimana cara kita memberi solusi agar kemacetan yang selama ini banyak terjadi dpt dikurangi?

  3. aprid97 said,

    January 17, 2010 at 1:50 pm

    bayak kendaraan pribadi merupakan salah satu penyebab terjadinya kemacetan yang bertambah. hal tersebut dikarenakan karena masyarakat tidak merasa nyaman dengan trnsportasi umum yanga da sehinga lebih memilih membeli kendaraan pribadi agr lebih nyaman. sepertinya pemerintah harus lebih tnggap untuk menediakan pelayan dan penyediaan trnsportasi umum yang lebih baik dan nyaman,,sehingga masyarakat kemabali nyaman dengan kendaraan umum.

  4. January 18, 2010 at 4:45 am

    yah,,untuk memperbaiki suasana lalu lintas di negeri tidak hanya tanggung jawab pemerintah saja..kita sebagai pemakai jalan juga punya tanggung jawab atas hal tersebut,kita kadang sering menggunakan kendaraan se enaknya yang dapat membahayakan pengguna jalan lain, tetapi kita kadang kurang menyadari hal tersebut> hayo??


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: