Eksistensi Sosiologi Dalam Masyarakat

Sosiologi merupakan sebuah  istilah yang berasal dari kata latin socius yang artinya teman, dan logos dari kata Yunani yang berarti cerita. Sosiologi berarti berbicara atau ilmu tentang kawan. Dalam hal ini, kawan memiliki arti yang luas, tidak seperti dalam pengertian sehari-hari, yang mana kawan hanya digunakan untuk menunjuk hubungan di anatra dua orang atau lebih yang berusaha atau bekerja bersama. Kawan dalam pengertian ini merupakan hubungan antar-manusia, baik secara individu maupun kelompok, yang  meliputi seluruh macam hubungan, baik yang mendekatkan maupun yang menjauhkan, baik yang menuju kerpada bentuk kerjasama maupun yang menunu kepada permusuhan. Jadi, sosiologi adalah ilmu tentang berbagai hubungan antar-manusia yang terjadi di dalam masyarakat. Diungkapkan pertama kalinya dalam buku yang berjudul “Cours De Philosophie Positive” (filsafat politik), karangan Agust Comte.  Sosiologi muncul sejak ratusan, bahkan ribuan tahun yang lalu. Sosiologi Modern lahir di Eropa karena merupakan pusat pertumbuhan peradaban dunia sehingga beragam ilmu pengetahuan berkembang pesat, termasuk sosiologi.

Eksistensi sosiologi, zaman dulu  belum begitu dikenal atau belum berkembang dengan pesat dimasyarakat.  Dibandingkan dengan ilmu-ilmu yang lain, yang sudah berkembang dengan pesat. Dahulu  dalam hal ilmu pengetahuan , sosiologi hanya di ajarakan di SMA saja, sedangkan sekarang seiring dengan perkembangan zaman, sosiologi sudah di ajarkan di SMP. Dan dengan demikian, eksistensi sosiologi di masyarakat untuk sekarang ini, sudah berkembang. Hal ini ditandai dengan diberikannya pelajaran sosiologi di SMP. Tidak hanya itu saja, untuk sekarang ini juga sudah banyak universitas-universitas yang memberikan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan sosiologi. Banyak manfaat yang kita peroleh dari mempelajari sosiologi, Sosiologi mempelajari tingkah laku manusia sebagai anggota masyarakat, bukan sebagai individu yang terlepas dari masyarakat. Fokus bahasan sosiologi adalah interaksi antar manusia dan pengaruh yang ditimbulkan dari interaksi tersebut. Sehingga kita bisa berinteraksi dengan masyaralat dengan baik. Tidak hanya tentang interaksi saja yang dibahas oleh sosiologi, tetapi juga membahas tentang perubahan dan perkembangan dalam masyarakat.

3 Comments

  1. aprid97 said,

    January 17, 2010 at 1:44 pm

    bagaimana dengan eksistensi nyata yang ada di masyarakat bukan hanya sekedar di dunia pendidikan saja???

  2. tewwtty said,

    January 18, 2010 at 9:32 am

    @aprid: untuk saat ini memang belum terlihat peran sosiologi di masyarakat secara efektif namun denngan perkembangan pendidikan yang semakin berkembang diharapkan sosiologi dan ilmu pendidikan lain dapat memberikan peranan nyaa dalam kehidupan masyarakat sehingga eksistenti yang pun dapat kita ukur dan dapat kita amati perkembangannya. weh kayak sok teu ajah aku nih hahaha…..

  3. ruhaen said,

    January 18, 2010 at 6:20 pm

    sosiologi merupakan limu penting dalam masyarakat…dan ilmu sosiologi sudah ada sejak jaman kerajaan arab, yaitu pada pemikiran IBNU KHULDUN…..dengan ilmu sosiologi kta tidak mudah menyalahkan orang lain yang berbeda dengan kita


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: